Tabel Teori perkembangan organisasi Klasik, Neoklasik dan Modern

Nama Teori Tokoh Esensi dasar/karakteristik Teori
Klasik
  • ·       Henry Fayol (1841-1925)
  • ·       James D.mooney
  • Marry Parker Follet (1886-1933)
  • Charter I. barnard (1886-1961)
Memusatkanpandangannyapada analisa dan

Deskripsi organisasi,

Sasaran organisasi

 dibagi menjadi bagian-

bagian yang lebih kecil

sesuai hakikat

pekerjaannya

 

Neoklasik
  • ·       Hugo Munsterber
  • Elton Mayo
  • Chester I. Barnard
  • Argyris

 

Pendekatan hubungan manusiawipenambahan aspek sosiologi dan psikologi pada teori klasik.Berkembang dengan pembenahan Teori

Organisasi Klasik berdasar percobaan Hawthorne yang memandang organisasi sebagai suatu sistem terbuka di mana segmen teknis dan manusiawi saling berkaitan dengan erat dan sikap karyawan merupakan faktor yang penting bagi peningkatan produktivitas.

 

Modern
  • Alfred Korzybski
  • Mary Parker Follet
  • Chester I. Barnard
  • Norbert Wiener
  • ·       Ludwig Von Bertalanffy

 

menekankan pada perpaduan dan perancangan,menyediakan pemenuhan suatu kebutuhan yang menyeluruh. Sebagai suatu sistem keseluruhan, memperhatikan berbagai variabel, dan memahami adanya proses dinamis. 

Tabel Teori perkembangan organisasi Klasik, Neoklasik dan Modern

Sudut pandang Tokoh – tokoh dari Teori Organisasi Klasik :

1. Henry Fayol (1841-1925)   Fayol membagi manajemen menjadi lima fungsi yaitu perencanaan, pengorganisasian, pemberian perintah, pengkoordinasian, dan pengawasan. Funsi ini di kenal sebagai fungsionalisme.

2. James D.mooney Mooney mengartikan organisasi sebagai kelompok orang yang terdiri dari atas dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu.

3. Marry Parker Follet (1886-1933)   Follet adalah seorang tokoh antara teori klasik dan teori hubungan manusiawi. Follet menerapkan psikologi dalam perusahaan dan konflik yang terjadi dalam perusahaan dapat dibuat konstruktif dengan menggunakan integrasi.

4. Charter I. barnard (1886-1961)     Menurut teorinya’ teori penerimaan’ mengatakan bahwa seorang bawahan akan menerima perintah hanya bila dia memahami dan mampu serta berkeinginan untuk mencapainnya.

Sudut pandang Tokoh – tokoh dari Teori Organisasi Neoklasik:

 

  1. 1.     Hugo Munsterberg (1862 1916). Bukunya yaitu Psikology and Industrial Efficiensy, menguraikan bahwa untuk mencapai tujuan produktivitas harus melakukan tiga cara pertama penemuan best possible person, kedua penciptaan best possible work dan ketiga penggunaan best possible effect.
  2. 2.     Elton Mayo
    Terkenal dengan percobaan-percobaan Howthorne, dimana hubungan manusiawi menggambarkan manajer bertemu atau berinteraksi dengan bawahan. Bila moral dan efisiensi kerja memburuk, maka hubungan manusiawi dalam organisasi juga akan buruk.

 

Sudut pandang Tokoh – tokoh dari Teori Organisasi Modern:

 

  1. Alfred Korzybski, 1993, General Sementics (manusia hidup dalam tiga dunia yang berbeda, yaitu dunia peristiwa, dunia objek dan dunia simbol, menitik beratkan masalah bahasa dan komunikasi, topik: ringkasan, penyimpulan, kekakuan bahasa, lingkungan komunikasi, sifat kata-kata, dan pentingnya tanggapan),
  2. Chester I. Barnard, 1938 (organisasi sebagai suatu sistem sosial yang dinamis; individu, organisasi, penyalur, dan konsumen merupakan bagian dari lingkungan organisasi; aspek organisasi formal dan informal),
  3. Mary Parker Follet,1920-an mengerjakan sesuatu sebagai jalan keluar dalam suatu semangat kerja sama; kesadaran cita-cita sehingga setiap orang adalah bagian dari suatu kelompok; dan masyarakat; dorongan individu diterima tanpa mengorbankan kepentingan organisasi),

2 responses to this post.

  1. thanks artikelnya… bantu tugas kuliah bangett

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

nowathome

Love life! Sharing and caring!

Tales of life

Life is what you make it

SUGIH forever

Prince Dreamer constructs all his dreams!

%d bloggers like this: