Tugas Resume catatan mata kuliah Filadpen

Pertemuan 1

Yunani = Philos

Arab   = Filsafah

Filsafat Mencintai Kebenaran

Filsafat mencintai pada kearifan

Filsafat Induk Pengetahuan

Kelompok filsafat ada 3 yaitu:

  1. Kealaman
  2. Sosial
  3. Budaya

Philosofi cinta kepada ilmu pengetahuan

Pendidikan itu usaha untuk mencerdaskan atau mendewasakan anak

Pendewasaan anak yaitu perubahan sikap si anak ke arah yang lebih positif yang mengarah kepada sifat kedewasaan

Karakteristik kedewasaan:

  1. Tanggung jawab
  2. Kemampuan memilih
  3. Harga diri
  4. Tau siapa saya dan dimana saya dalam konteks sosial produktif dalam kehidupan sosial

Tujuan pendidikan di Indonesia membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa

Pertemuan 2

Administrator adalah philosopher yaitu pembuat kebijakan

Bajik: Memberikan manfaat kepada anggotanya

Kebijaksanaan yang baik adalah yang bisa diterima oleh seluruh anggotanya sehigga terlibat didalamnya untuk mengamankan kebijakan yang anda buat

Manajer adalah seorang philosopher yang mencintai kebijakan dan sipembuat kebijakan tersebut

Philosopher: Kebijakan dan kebajikan

Filsafat adalah a way of life

  1. Pandangan hidup
  2. Pegangan hidup

Keyaknan adalah penjelasan dalam tindakan atau perbuatan dalam segala sesuatu yang ada di dunia

Aspek-aspek kebijakan yang baik

  1. Bertanggung jawab aas kebijakan tersebut
  2. Tidak ada reaksi penentangan
  3. Terlibatnya seluruh anggota
  4. Bermanfaat bagi anggotannya

 

Pertemuan 3

Konsumen:

  1. Kebutuhan (Need)
  2. Keinginan (Want)
  3. Harapan (Exeptation)

Produsen (Penghasil):

  1. Standard
  2. Spesifikasi
  3. Model: Kemasan (Packing)

Sesuatu yang menyeimbangkan Penghasil dan Konsumen adalah Produk Jasa yang bermutu

Mutu: Dinilai dari selera konsumen, Konsumen dan produsen harus balance, Konsumen untung, Produsen untung. Suatu keseimbangan antara dimensi produsen dan dimensi konsumen

Pertemuan 4

Perspektif pendidikan dari pandangan filsafat

Pendidik = Antropologi praktis yang normative, usaha mendewasakan anak dalam situasi pendidikan dengan proses pembimbingan.

Filsafat bangsa                Filsafat pendidikan

(A way of Life)

                                        Sisdiknas                     Praktek

                              Sistem Sekolah              Praktek

Filsafat Bangsa: Pandangan nasional dan filsafat bangsa

Pandangan terhadap filsafat itu berbeda diantaranya:

  1. Pendidikan dianggap sebagai Transmisi

Pendidikan dianggap sebagai wahana untuk meneruskan budaya bangsa kita

  1. Pendidikan itu akulturasi dan enkulturasi]

Beradaptasi atau menyesuaikan dengan perubahan

Akulturasi      : Menerima masukkan

Enkulturasi    : Beradaptasi / menyesuaikan dengan perubahan

Pengelolaan pendidikan di indonesia mengikuti Sisdiknas

Informal: Pendidikan dalam lingkungan keluarga atau kelompok bermain (Play group) dan taman kanak2

Jika system baik maka prosesna benar

Pengelolaan pendidikan harus sejalan dengan budaya yang menjadi keyakinan bangsanya

Akulturasi: Penggabungan atau pencampurandua budaya atau lebih

Akulturasi pendidikan: Penerimaan sistem pembelajaran yang baik diperbolehkan tetapi dengan mempertahankan keaslian budaza bangsa

Antropologi: Antropos, logos

Ilmu yang mempelajari manusia

Pendidikan itu sebuah proses

Pendidikan itu invetasi

Pendidikan dalam filsafat Antropologi praktis yan normatif usa mendewasakan anak dalam situasi pendidikan dengan proses pembimbingan

Situasi pendidikan: Keadaan yang diciptakan oleh orang dewasa supaya anak mau relajar

Situasi pendidikan = pembimbingan

Pertemuan 5

Absolut                 Kebahagiaan

 

metafísica               Yang ada                   Kekaguman

                                Mungkin ada             Keterbatasan                         Radikal

                                Belem ada                  Kebiasaan, keraguan

                                                                                                Pencarian kebenaran esensial

Jenis-jenis kebenaran ilmiah

  1. Metafísika: kebenaran yang hakiki
  2. Etika: Kebenaran yang masuk akal
  3. Logia/konsensus: Kebenaran yang logical
  4. Empirik: Keenaran berdasarkan pragmatik menurut kebutuhan

Pertemuan 6

 

Filsafat Administrasi Pendidikan

Ilmu Administrasi Pendidikan

          Ilmu yang membahas pendidikan dari sudut pandang proses kerja sama antar manusia dalam pengembangan potensi peserta didik melalui perubahan sikap dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

Sesuatu dikatakan ilmu apabila

Demarkasi ilmu: Epistomologi

  1. Wilayah bahasan: Ruang lingkup apa yang dibahasnya
  2. Memiliki karakteristik peristilahan
  3. Objektivitas dari ilmu administrasi pendidikan yang bersifat netral

Belajar: Perubahan respon sikap dari lingkungan

Tutwuri Handayani: mengikuti dan mempengaruhi dengan cinta dan kasih sayang.

Pertemuan 7

Administrasi dalam Pendidikan

Pengadministrasian:

  1. Amanat UUD
  2. Tujuan yang luas dan normatif
  3. Meliputi wilayah nusantara
  4. Anggaran yang besar
  5. Jumlah peserta yang banyak
  6. Jangka waktu yang panjang

Dalam pemahaman yang sempit Administrasi oleh orang awam didefinisikan dengan Tata usaha

Esensi dalam pendidikan

  1. Tujuan yang akan dicapai
  2. Proses kerjasama
  3. Pengembangan pendidikan
  4. Pemanfaatan sumber daya
  5. Sistem Kelembagaan
  6. Efektivitas dan efisiensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

nowathome

Love life! Sharing and caring!

Tales of life

Life is what you make it

SUGIH forever

Prince Dreamer constructs all his dreams!

%d bloggers like this: