Resep Membuat Kue Sus

Kue Sus

Kue Sus

Resep cara membuat kue sus – Kue yang berbentuk bundar lonjong dengan rongga yang umumnya berisi vla vanilla yang super lembut  ini sudah menjamah di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia tercinta kita ini.

Biasanya ketika usai pulang dari acara walimahan tetangga saya, ayah saya biasanya mendapat beberapa makanan dan kue, dan salah satu kue yang sering saya temui adalah kue sus. Bagi anda yang sedang mencari resep bagaimana cara membuat kue sus yang lezat ini, anda bisa mengikuti step by step berikut ini

Bahan-bahan :

Bahan untuk kulit sus :

  • 125 gram margarin
  • 150 gram terigu
  • 220 ml air
  • 3 butir besar (4 butir telur kecil)

Bahan untuk vla vanilla :

  • 60 gram tepung maizena
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdm margarin
  • 1 sdm tepung custard (opsional)
  • 2 buah kuning telur
  • 650 ml susu UHT
  • Vanila bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat kulit sus

1. Pertama-tama kita membuat kulit kue susnya dulu. Untuk membuatnya, siapkan semua bahannya seperti terigu, margarin, telur, dan juga air.

2. Langkah selanjutnya silakan siapkan panci, tuangkan air, masukkan margarin, kemudian masak hingga mendidih.
3. Tambahkan terigu ke dalam campuran air dan margarin yang masih dalam kondisi mendidih.
4. Setelah itu, aduk rata adonan terigu yang bercampur margarin hingga benar-benar kalis dan tidak menempel di dinding panci. Anda bisa menggunakan solet kayu untuk mengaduk adonannya hingga rata dan kalis.
5. Diamkan adonan sebentar hingga hangat. Karena jika adonannya masih panas, dan kita memasukkan telur ke dalamnya, maka telur bisa-bisa menjadi matang.
6. Jika adonan sudah mulai hangat/ dingin, aduk sebentar menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Aduk hingga adonan menjadi butiran-butiran dan rata seperti gambar berikut.
7. Sambil tetap diaduk, masukkan telur satu persatu. Ketika telur terakhir dimasukkan, tambah kecepatan mixer menjadi satu atau dua tingkat lebih cepat dari sebelumnya.
8. Aduk terus hingga adonan menjadi berlipat-lipat (ketika dituangkan), kental dan padat.
9. Setelah itu, persiapkan plastik piping bag (segitiga) dan juga spuit bulat atau spuit 1M
10. Agar adonan tidak meleber kemana-mana, disarankan agar anda memasukkan plastik kedalam gelas, kemudian ambil adonan menggunakan sendok.
11. Ringkaskan jika anda menggunakan gelas. Ketika melangkah ke proses pencetakan, panaskan oven pada suhu 200 derajat celcius.
12. Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah, menyiapkan piping bag lagi untuk dijadikan cover terluar plastik dan tempat spuit. Dengan begitu, posisi plastik yang ada adonannya berada di bagian dalam, dan jangan lupa juga untuk menggunting bagian ujungnya.
13. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin sebelumnya. Letakkan kertas bakar yang juga diolesi margarin. Untuk cetakannya, anda bisa menggunakan cetakan pie yang sudah di olesi margarin,  agar ketika kue sus sudah matang, anda bisa melepasnya dengan mudah. Tuangkan adonan kue sus kedalam cetakan. Cara mencetaknya pun cukup mudah, yaitu memutar dari dalam keluar. Berikut penampakan kue sus sebelum dipanggang.
14. Masukkan loyang yang berisi sedikit air ke dalam oven yang sudah panas (suhu 200 derajat celcius). Kenapa  ditambahkan sedikit air di atas loyang? Hal tersebut guna mencegah kue sus gosong. Jangan buka oven selama 20 menitan atau sampai buih-buih pada kulit kue sus menghilang. Panggang sampai matang.
15. Berikut penampakan kulit sus yang sudah matang. Kulit sus yang bagus itu berongga atau kepong seperti yang tampak pada gambar berikut ini.

Cara membuat vla vanilla

  1. Untuk membuat vla vanilla, persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, seperti susu UHT, vanila bubuk, gula, tepung maizena, garam, margarin dan kuning telur. Agar vla vanillanya lebih enak dan lezat, anda bisa menambahkan satu sendok makan tepung custard (opsional).
  2. Siapkan mangkok berukuran agak besar, kemudian masukkan kuning telur dan tuangkan sedikit susu ke dalamnya.
  3. Aduk perlahan-lahan hingga kuning telur tercampur rata. Anda bisa menggunakan whisk untuk mengaduknya hingga adonan benar-benar tercampur rata.
  4. Tambahkan tepung maizena ke dalam adonan, kemudian aduk kembali hingga tercampur rata. Berikut penampakan adonan yang terdiri dari campuran susu, kuning telur dan tepung maizena.
  5. Selanjutnya panaskan sisa susu dan tambahkan tepung custard, vanila bubuk, gula pasir dan juga garam. Ingat yah, sisa susu, bukan adonan yang terdiri dari campuran susu, kuning telur dan tepung maizena tadi.
  6. Jika susu mulai berbuih kecil di pinggirannya, tuangkan campuran susu, kuning telur dan tepung maizena di atasnya. Dengan menggunakan api kecil, aduk cepat adonannya agar tidak mengental. Kemudian masak hingga adonannya meletup.
  7. Setelah itu, masukkan margarin ke dalam adonan, aduk kembali hingga adonan tercampur rata.
  8. Saat margarin dimasukkan kedalam adonan, penampakan vla akan sedikit berubah kekuningan. Anda juga bisa tidak menambahkan margarin ke dalam adonan vla vanillanya, terserah anda.🙂

    Cara mengisi sus

    1. Untuk cara mengisi sus, siapkan kulit sus, kemudian lubangi atau sobek menggunakan gunting. Beri vla vanilla menggunakan plastik piping bag agar isiannya rapi dan tidak meleber kemana-mana.
    2. Kue sus pun sudah siap dinikmati bersama keluarga tercinta.🙂

    Kue sus dengan vla vanilla yang super lembut ini sangat nikmat sekali rasanya, pokoknya rasanya bakalan membuat anda ketagihan deh. Beritahu saya melalui komentar jika anda berhasil membuat kue sus menggunakan resep ini

    Sumber :
    1. Indirania Melani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

nowathome

Love life! Sharing and caring!

Tales of life

Life is what you make it

SUGIH forever

Prince Dreamer constructs all his dreams!

%d bloggers like this: