Menyusun Anatomi Business Plan

Wednesday, 27 – 1 – 2016

a. Sampul Muka, Memuat Logo Perusahaan, Nama Perusahaan, Alamat, Nomor Telepon, Fax, dan Email, Nama Pemilik atau para Pemilik Perusahaan

b. Daftar Isi

c. Pendahuluan

d. Organisasi dan Manajemen, meliputi skema Organisasi, personalia yang dibutuhkan, dan bentuk hukum.

e. Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya perusahaan.

f. Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan

g. Citra dan Reputasi Perusahaan

h. Budaya dan Nilai – nilai Perusahaan

i. Kondisi sekarang dan Konsep bisnis di waktu yang akan datang

j. Analisis eksternal, meliputi analisis lingkungan makro, analisis pesaing, pilihan strategi, etika bisnis dan perilaku pelanggan, analisis terhadap potensi pasar, perkembangan teknologi, dan informasi tentang produk

k. Analisis internal, meliputi struktur organisasi, Komposisi SDM, alat produksi, layanan dan pemasaran, analisis kekuatan dan kelemahan

l. Strategi dan Kebijakan, meliputi formulasi strategi, SWOT analysis, sasaran kualitatif, rencana Keuangan, dan strategi umum.

m. Analisis pengembangan bisnis, meliputi pengembangan produksi dan kapasistas produksi, langkah – langkah pengembangan usaha, Pengembangan alat produksi, Pengembangan organisasi, penghitungan proyeksi beban dan pendapatan, dan proyeksi cashflow.

n. Rencana pemasaran meliputi kebijakan produk, harga promosi, dan jaringan distribusi.

o. Produksi dan Pelayanan , meliputi proses produksi dan syarat – syarat produksi, manajemen penanganan bahan produksi dan sistem distribusi

p. Analisis keuangan, meliputi rencana investasi dan anggarannya, alat – alat keuangan , neraca awal, anggaran kas, proyeksi pendapatan, neraca akhir, analisis kinerja perusahaan, dan perhitungan metode Break Even Point.

q. Ringkasan dan Kesimpulan

r. Lampiran (Appendix), berisi hal – hal yang dapat memperjelas rencana Bisnis anda, misalnya : survei pasar dengan data pendukungnya, klipping berita positif, grafik, contoh advertensi, gambar mengenai produk, dan bagan aliran proses produksi.

 

Sumber :

A.F., Muchtar.2010.Strategi Memenangkan Persaingan Usaha dengan Menyusun Business Plan. Jakarta; Gramedia

______________________________________________________________________________________________________________________

A.F., Muchtar. (2010). Memenangkan Persaingan Usaha dengan Menyusun Business Plan. hlm 38

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

nowathome

Love life! Sharing and caring!

Tales of life

Life is what you make it

SUGIH forever

Prince Dreamer constructs all his dreams!

%d bloggers like this: