Studi kultural di Prancis

France

France

Pengembangan studi kultural di Prancis berkaitan erat dengan kehidupan politik Prancis pada tahun 60-an dengan proses dekolonisasi. Sebagai suatu bekas negara super power, proses dekolonisasi menyisakan banyak masalah kebudayaan seperti bahasa dan Kebudayaan Prancis. Dengan demikian, masalahnya bukan hanya apakah yang disebut Prancis sebagai daerah atau negara, tetapi juga siapakah yang disebut Prancis itu. Pengalaman budaya prancis dengan negara – negara bekas jajahannya juga merupakan masalah tersendiri bagi prancis. Bekas jajahan Perancis yang kini merdeka menggunakan bahasa Prancis dan meninggalkan jejak – jejak budaya Perancis dalam masyarakatnya. Selain itu, muncul pula masalah – masalah mengenai pengaruh budaya lain terhadap budaya Prancis, seperti pengaruh globalisasi atau lebih tepat Amerikanisasi terhadap budaya Prancis. Suatu perdebatan budaya muncul antara lain ketika pada tahun 1992 dibuka Disneyland pertama di Prancis. Orang membicarakan mengenai runtuhnya kebudayaan Prancis dengan masuknya kebudayaan “Coca-Cola” dari Amerika Serikat.

Dewasa ini diidentifikasi empat proses pengembangan yang tampak dalam studi kultural di Prancis:

1. Pengaruh perubahan teknologi atas sastra dan seni. Dalam bidang teknologi komunikasi terjadi penyebaran yang luas dari sastra kuno maupun modern, juga terjadi perubahan dalam seni gerak, seni lukis, dan lain – lain.

France culture

2. Akibat proses dekolonisasi terjadi perubahan peran Prancis dalam era poskolonial. Kita ketahui betapa besar pengaruh budaya Prancis yang terkenal sangat tinggi dalam kacamata kebudayaan Eropa, yang kini berubah sesuai dengan perubahan peran Prancis dalam bidang politik Internasional.

3. Transformasi sosial akibat dekolonisasi. Akibat perubahan politik maka terjadi migrasi penduduk dari bekas jajahan ke Prancis. Peranan migrasi penduduk ini juga membawa masalah – masalah dalam kebudayaan, ekonomi, seperti masalah kemiskinan dan juga tentunya politik.

4. Globalisasi yang menyebabkan masuknya kebudayaan luar ke dalam masyarakat Prancis. Salah satu pengaruh yang dikhawatirkan adalah budaya Amerikanisasi. Selain itu, dengan adanya Masyarakat Baru Eropa (European Community) tentunya akan melahirkan masalah – masalah baru dalam kebudayaan Prancis.

Sumber :

1. Google pict. France World Map. (Accsess on September 28,2014)

2. Google pict. France Culture. (Accsess on September 28,2014)

3. Tilaar, H.A.R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan; Manajemen Pendidikan Nasional dalam pusaran kekuasaan . Jakarta : Rineka Cipta,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

nowathome

Love life! Sharing and caring!

Tales of life

Life is what you make it

SUGIH forever

Prince Dreamer constructs all his dreams!

%d bloggers like this: