Teknik – teknik Formalisasi

Para manajer mempunyai sejumlah teknik untuk dapat menstandarisasikan prilaku para pegawai. Pada bagian ini kita akan meninjau kembali teknik – teknik yang paling populer ;

 List

List

Selection, Organisasi memilih pegawainya bukan secara acak. Para pelamar diproses melalui sejumlah rintangan yang dirancang untuk membedakan para individu yang mungkin dapat berprestasi dengan baik dari mereka yang mungkin tidak akan berhasil. Rintangan tersebut secara khas terdiri dari melengkapi formulir lamaran, tes kepegawaian, wawancara, dan penyelidikan latar belakang. Para pelamar dapat dan seringkali memang ditolak pada setiap langkah tersebut.

Role Requirements, Para individu di dalam organisasi mempunyai peran. Setiap pekerjaan membawa serta harapan mengenai bagaimana si pemegang peran seharusnya berprilaku. Analisis tugas, misalnya menetepkan pekerjaan yang harus dilakukan di dalam organisasi dan menguraikan tentang prilaku pegawai yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut. Analisis tersebut mengembangkan informasi untuk menyusun uraian pekerjaan. Fakta bahwa organisasi mengidentifikasi pekerjaan yang harus dilakukan dan prilaku peran yang diinginkan yang berjalan seiring dengan pekerjaan tersebut. Mengandung arti bahwa harapan mengenai peran penting dalam mengatur prilaku pegawai.

Rule, Procedures, and Policies,

Peraturan merupakan pernyataan eksplisit yang ditujukan kepada seorang pegawai tentang apa yang harus atau tidak boleh dilakukan.

Prosedur ditetapkan untuk memastikan terjadinya standarisasi proses kerja

Kebijakan memberi kebebasan yang lebih besar dibandingkan peraturan. Kebijakan memberi kesempatan kepada para pegawai untuk menggunakan keleluasaan yang terbatas dan tidak menetapkan perilaku tertentu dan spesifik dari pegawai.

The Rule

The Rule

Training

Banyak organisasi memberi pelatihan kepada pegawai. Termasuk di dalamnya berbagai jenis pelatihan “on the job” di mana tugas, coaching dan magang digunakan untuk mengajarkan para pegawai tentang keterampilan kerja pilihannya, pengetahuan dan sikap. Di dalamnya termasuk pelatihan of the job seperti kuliah dalam kelas, film, demonstrasi, latihan simulasi, serta pengajaran yang teprogram.

Manners

Manners digunakan sebagai teknik formalisasi terhadap para anggota yang diperkirakan akan mempunyai dampak yang kuat dan lama terhadap organisasi. Yang pasti termasuk dalam kelompok ini adalah para individu yang berambisi untuk menduduki posisi manajemen tingkat senior dan mereka juga memutuskan untuk mencari status aktif di dalam sebuah kelompok.

The target

On Target of the Group

Sumber :

1.  Google Pict. Selection (Accsess on September 10,2014)

2.Google Pict. Rule (Accsess on September 10,2014)

3.Google Pict. Selection (Accsess on September 10,2014)

4. Robins, Stephen P. (1994). Teori Organisasi Struktur, Desain dan Aplikasi. Jakarta : Arcan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

nowathome

Love life! Sharing and caring!

Tales of life

Life is what you make it

SUGIH forever

Prince Dreamer constructs all his dreams!

%d bloggers like this: