Komisi

Hasil kerja komisi ini dibangun di atas analisis, yang belum pernah dilakukan sebelumnya, kebijakan pendidikan international. Khususnya hal penting adalah menyangkut pengamatan komisi bahwa negara – negara Nordik (yaitu Denmark, Norwegia, Swedia, Finland, Island, dan Kepulauan Faroe – ed.) memiliki banyak kesamaan dalam kebijakan pendidikan ketika itu. Meningkatkan pemerataan kesempatan pendidikan – yang ketika itu menjadi prioritas di inggris dan Amerika Serikat – menjadi tema sentral dalam pemikiran strategis komisi. Periode 1956 hingga 1959, saat komisi yang secara politis beragam menyelenggarakan hampir 200 pertemuan, adalah periode sarat gejolak: resesi ekonomi global, Konflik keras politik, baik di dalam negeri maupun dengan Uni Soviet, lalu peluncuran Sputnik yang segera membawa dampak berupa reformasi pendidikan di seluruh dunia. Namun, komisi terus bertahan dan karya mereka menjadi fondasi dalam sejarah reformasi pendidikan di finlandia.

education-committee

education-committee

Komisi Program Sekolah menerbitkan rekomendasinya pada musm panas 1959. Komisi menyarankan agar pendidikan wajib di Finlandia yang akan datang didasarkan pada sekolah terpadu 9 tahun oleh pemerintah kota dengan struktur berikut:

  • Empat kelas (tahun) pertama sama untuk semua siswa
  • Kelas 5 dan 6 merupakan sekolah menengah dengan siswa dapat memilih fokus pada pelajaran – pelajaran praktis atau pada bahasa asing.
  • Kelas 7 sampai 9 terdiri dari tiga jurusan: Orientasi kejuruan dan praktis, kelas”rata-rata” dengan satu bahasa asing, atau jurusan lanjut dengan dua bahasa asing
Finnish Education in a Nutshell

Finnish Education in a Nutshell

Pitcutre Describe : “The Finnish National Board of Education operates under the Ministry of Culture and Education. The international community is taking an interest in the successes of Finnish education, a trend that has been noticed and promoted also in the media. In response to a growing demand, the Board has recently published informative brochures in English on the Finnish education system”.

Komisi tidak mampu mempersatukan keinginan politik untuk struktur sekolah terpadu tersebut; malahan, perbedaan besar terjadi di dalam komisi tentang prinsip – prinsip utama kebijakan. Walaupun demikian, sistem yang diusulkan akan secara bertahap menyatukan sekolah grammar yang swasta dengan sekolah civic yang negeri menjadi struktur baru di tingkat kota, dan mengurangi peran sekolah swasta. Secara keseluruhan, karya komisi ini mengawali debat yang mendalam dan berarti tentang nilai – nilai inti pendidikan di masyarakat Finlandia.

1. Google pict. Committee school programs finland

2. Anonim. (2013). Get to know the building blocks of finnish education. http://www.luma.fi/news/2190/get-to-know-the-building-blocks-of-finnish-education (Diakses tanggal 2 september 2014)

3. Sahlberg, Pasi. (2014). Finnish Lessons, Mengajar lebih sedikit, belajar lebih banyak ala finlandia. Bandung: Kaifa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

nowathome

Love life! Sharing and caring!

Tales of life

Life is what you make it

SUGIH forever

Prince Dreamer constructs all his dreams!

%d bloggers like this: