Konsep dasar supervisi pendidikan

Pengertian supervisi berdasarkan pembentukan kata menunjukan kepada sebuah aktivitas akademik yaitu suatu kegiatan pengawasan yang dijalankan oleh orang yang memiliki pengetahuan lebih tinggi dan lebih dalam dengan tingkatan kepekaan yang tajam dalam memahami objek pekerjaannya dengan hati yang jernih.

Supervisi hadir karena satu alasan untuk memperbaiki mengajar dan belajar. (Oteng Sutisna 1982:58). Supervisi hadir untuk membimbing pertumbuhan kemampuan dan kecakapan profesional guru.

Misi utama supervisi pendidikan adalah memberi pelayanan kepada guru untuk mengembangkan mutu pembelajaran, memfasilitasi guru agar dapat mengajar dengan efektif Kehadiran supervisi digunakan untuk memajukan pembelajaran melalui pertumbuhan kemampuan guru – gurunya. Supervisi mendorong guru menjadi lebih berdaya, dan situasi mengajar belajar menjadi lebih baik, pengajaran menjadi lebih efektif, guru menjadi lebih puas dalam melaksanakan pekerjaannya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Love Math

Belajarlah memahami sesuatu dari berbagai sudut pandang

Streets of Nuremberg

Street | Urban | Travel | Photography by Marcus Puschmann

erniyadih

This WordPress.com site is the bee's knees

%d bloggers like this: